SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OBJEK WISATA BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.52972/hoaq.vol15no2.p116-126Keywords:
website, prototype, sistem informasi, rancang bangun, wisataAbstract
Pariwisata merupakan salah satu daya tarik terhadap kunjungan ke sebuah daerah. Kalimantan Barat memiliki beragam sumber daya yang dapat dioptimalkan sebagai modal pengembangan sektor pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Potensi ini semakin kuat karena posisinya yang strategis sebagai gerbang masuk bagi negara-negara ASEAN. Sistem informasi geografis (SIG) merupakan salah satu teknologi informasi yang sering digunakan untuk memetakan suatu lokasi. Perancangan sistem informasi ini menggunakan metode prototype. Ada empat tahap perancangan, yaitu analisis kebutuhan, perancangan prototype awal, pengembangan dan pengujian, dan evaluasi pengguna. Kebutuhan pengguna adalah melihat seluruh titik lokasi wisata dan melihat jalurnya. Perancangan prototype menggunakan UML berupa Use Case Diagram dan Activity Diagram. Pengembangan dan pengujian dilakukan dengan membuat prototype aplikasi menggunakan framework Bootstrap dan bahasa pemrograman PHP serta aplikasi pengelola basis data PHPMyAdmin dan MySQL. Evaluasi pengguna menggunakan survey dan uji coba aplikasi ke pengguna. Penelitian ini menghasilkan perancangan website berdasarkan kebutuhan pengguna dan pengujian yang menunjukkan hasil yang baik.
Tourism is one of the key attractions that drive visits to a region. West Kalimantan possesses diverse resources that can be optimized as a foundation for developing the tourism sector to enhance the welfare and prosperity of its people. This potential is further strengthened by its strategic position as the gateway for ASEAN countries. Geographic Information Systems (GIS) are widely used information technologies for mapping locations. The design of this information system employs the prototype method, consisting of four stages: requirements analysis, initial prototype design, development and testing, and user evaluation. Users primarily need to view all tourist locations and their routes. The prototype design utilizes UML in the form of Use Case Diagrams and Activity Diagrams. Development and testing are carried out by creating an application prototype using the Bootstrap framework, the PHP programming language, and database management applications such as PHPMyAdmin and MySQL. User evaluation involves surveys and application trials. This research results in a website design based on user needs, with testing outcomes indicating good performance.
References
E. Kristiawati, A. Parabi, R. Dwi Widyastuti, Annurdi, and Purwanto, “Kebijakan Aktual Pengembangan Pariwisata di Kalimantan Barat Actual Policy for Tourism Development in West Kalimantan,” J. Borneo Akcaya, vol. 7, no. 2, pp. 81–88, 2021.
B. P. Statistik, “Terdapat 9.779 kunjungan Wisatawan Mancanegara di Provinsi Kalimantan Barat pada Februari 2024,” 2024. https://kalbar.bps.go.id/id/pressrelease/2024/04/01/1330/terdapat-9-779-kunjungan-wisatawan-mancanegara-di-provinsi-kalimantan-barat-pada-februari-2024.html (accessed Nov. 28, 2024).
M. G. Naibesi, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Budidaya Udang pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT,” HOAQ (High Educ. Organ. Arch. Qual. J. Teknol. Inf., vol. 13, no. 2, pp. 91–97, Dec. 2022, doi: 10.52972/hoaq.vol13no2.p91-97.
G. Wiro Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, Jan. 2017, doi: 10.30591/jpit.v2i1.435.
M. Tinambunan and S. Sintaro, “Aplikasi Restfull Pada Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Bandar Lampung,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 3, pp. 312–323, Oct. 2021, doi: 10.33365/jatika.v2i3.1230.
S. Siswidiyanto, A. Munif, D. Wijayanti, and E. Haryadi, “Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Prototype,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 1, pp. 18–25, Apr. 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i1.64.
B. Sudradjat, “Penerapan Metode Prototype Sistem Informasi Peminjaman Ruang Meeting,” remik, vol. 5, no. 2, pp. 11–15, Apr. 2021, doi: 10.33395/remik.v5i2.10873.
D. Meisak, Hendri, and S. R. Agustini, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mediatama Solusindo Jambi,” STORAGE J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 4, pp. 1–11, Nov. 2022, doi: 10.55123/storage.v1i4.1066.
E. W. Fridayanthie, H. Haryanto, and T. Tsabitah, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 2, Sep. 2021, doi: 10.31294/p.v23i2.10998.
Siska Narulita, Ahmad Nugroho, and M. Zakki Abdillah, “Diagram Unified Modelling Language (UML) untuk Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SIMLITABMAS),” Bridg. J. Publ. Sist. Inf. dan Telekomun., vol. 2, no. 3, pp. 244–256, Aug. 2024, doi: 10.62951/bridge.v2i3.174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 HOAQ (High Education of Organization Archive Quality) : Jurnal Teknologi Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal HOAQ (High Education of Organization Archive Quality) : Jurnal Teknologi Informasi diterbitkan berdasarkan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini memungkinkan setiap orang untuk Berbagi: menyalin dan mendistribusikan kembali materi ini dalam format atau bentuk apapun; Adaptasi: merombak, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk keperluan apa pun, termasuk keperluan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan kepada Penulis Asli atas hasil karya aslinya.