IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN KARYAWAN CLEANING SERVICE TELADAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (STUDI KASUS: BANK INDONESIA KOTA KUPANG)

Authors

  • jurgan febby Universitas Nusa Cendana
  • Tiwuk Widiastuti Universitas Nusa Cendana
  • Juan Rizky Manuel Ledoh Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.52972/hoaq.vol15no1.p14-21

Keywords:

Cleaning Service, Profile Matching, Black Box, User Acceptance Test

Abstract

Cleaning service merupakan sebuah jasa pelayanan kebersihan, kerapian serta higienis pada sebuah instansi atau perusahaan maupun bangunan lain yang lebih baik untuk area dalam ruangan atau luar ruangan, sehingga tercipta suasana nyaman yang semuanya itu demi meningkatkan produktivitas karyawan dalam sebuah instansi atau perusahaan. Proses penentuan Cleaning service teladan masih menggunakan Microsoft Excel, sehingga proses penilaian Cleaning service teladan kurang efisien dan hasil penilaian Cleaning service teladan tidak terarsip dengan baik. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Cleaning service Teladan Menggunakan Metode Profile Matching dengan berbasis web dan 10 kriteria yaitu menguasai lingkup pekerjaan, tanggung jawab terhadap pekerjaan, sikap inisiatif dalam bekerja, pelayanan yang berkualitas terhadap internal, eksternal dan smart, bekerja sama dengan atasan dan rekan kerja, menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, bekerja dengan cepat dan teliti, disiplin dan tepat waktu, menunjukan tingkah laku yang sesuai nilai-nilai positif   diharapkkan dapat membantu proses penilaian Cleaning service menjadi lebih efisien dan dan terarsip dengan baik. Berdasarkan pengujian sistem dilakukan dengan black box dan user acceptance test (UAT). Pengujian black box terhadap 29 fungsi di dalam sistem, hasilnya 100% fungsi berjalan dengan baik. Pengujian UAT dilakukan terhadap 4 responden dengan jumlah pertanyaan sebanyak 14, hasilnya Hasil pengujian dimana penilaian persentase hasilnya pada variabel Fungsionalitas (Functionality) memiliki persentase sebesar 95%, variabel Kegunaan (Usability) dan Efisiensi (Efficiency) didapatkan sebesar 94%. Sedangkan nilai persentase yang terdapat pada dan variabel Kehandalan (Reliability) yang memiliki persentase yaitu sebesar 93%.

 

Cleaning service is a cleanliness, neatness and hygienic service for an agency or company or other building which is better for indoor or outdoor areas, so as to create a comfortable atmosphere all in order to increase employee productivity in an agency or company. The process of determining Cleaning service samples still uses Microsoft Excel, so the process of evaluating Cleaning service samples is less efficient and the results of evaluating Cleaning service samples are not archived properly. Decision Support System for Determining Exemplary Cleaning Service Employees Using the Web-based Profile Matching Method and 10 criteria, namely mastering the scope of work, responsibility for work, initiative attitude in work, quality service internally, externally and smartly, working together with superiors and co-workers , adapt to the work environment, work quickly and thoroughly, be disciplined and punctual, show behavior that is in line with the positive values that are expected to help the cleaning service assessment process become more efficient and well archived. Based on system testing carried out using black box and user acceptance test (UAT). Black box testing of 29 functions in the system, the results were 100% of the functions running well. UAT testing was carried out on 4 respondents with a total of 14 questions, the test results where the percentage assessment of the results on the Functionality variable had a percentage of 95%, the Usability (Usability) and Efficiency (Efficiency) variables were obtained at 94%. Meanwhile, the percentage value contained in the Reliability variable has a percentage of 93%.Keywords: Cleaning Service, Profile Matching, Black Box, User Acceptance Test.

 

 

References

N. M. Warmuni and N. K. Rusminingsih, “Hubungan tingkat pengetahuan dengan kepatuhan pemakaian alat pelindung diri petugas cleaning service di Rumah Sakit Umum Bangli Tahun 2019,” J. Kesehat. Lingkung. JKL, vol. 10, no. 1, 2020, Accessed: Jul. 31, 2024. [Online]. Available: http://ejournal.poltekkes-denpasar.ac.id/index.php/JKL/article/view/1087

K. Letelay, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting Dalam Menentukan Kelayakan Penerima Program Keluarga Harapan (PKH),” HOAQ High Educ. Organ. Arch. Qual. J. Teknol. Inf., vol. 14, no. 1, pp. 1–10, May 2023, doi: 10.52972/hoaq.vol14no1.p1-10.

R. Edward, “Prototipe Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan dengan Menggunakan Metode Profile Matching,” STRING Satuan Tulisan Ris. Dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 3, p. 274, Apr. 2019, doi: 10.30998/string.v3i3.3585.

E. Turban, Decision support and business intelligence systems. Pearson Education India, 2011.

M. K. Wibowo, “Edisi 3, Penerbit PT,” Raja Graf. Persada Jkt., pp. 2842–2870, 2011.

M. K. Kusrini and M. Kom, “Konsep dan aplikasi sistem pendukung keputusan,” 2007.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada sistem pendukung keputusan. Deepublish, 2017.

M. Kusrini, “Kom. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan,” Penerbit ANDI Yogyak. Ed, vol. 1, 2007.

M. Manullang, “Dasar-dasar manajemen,” 2002, Accessed: Jul. 26, 2024. [Online]. Available: http://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=44396&lokasi=lokal

I. A. Haryanto and H. P. R. Sari, “Pengaruh Kinerja Petugas Cleaning Service Terhadap Kepuasan Penumpang Ekonomi Kapal Motor Kelud PT. PELNI (Persero),” Destin. J. Hosp. Dan Pariwisata, vol. 2, no. 1, pp. 20–33, 2020.

R. Rachman, N. Hunaifi, and A. Mulyawan, “Penerapan Profile Matching Untuk Penilaian Pekerja Kontrak di PT. ABC,” J. Comput. Bisnis E-J., vol. 14, no. 2, pp. 103–109, 2020.

Downloads

Published

28-05-2024

How to Cite

febby, jurgan, Widiastuti, T., & Rizky Manuel Ledoh, J. (2024). IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN KARYAWAN CLEANING SERVICE TELADAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (STUDI KASUS: BANK INDONESIA KOTA KUPANG). HOAQ (High Education of Organization Archive Quality) : Jurnal Teknologi Informasi, 15(1), 14–21. https://doi.org/10.52972/hoaq.vol15no1.p14-21