PENERAPAN AUGMANTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA WAEREBO

Authors

  • Edwar Alfayet STIKOM Uyelindo

DOI:

https://doi.org/10.52972/hoaq.vol14no2.p48-58

Keywords:

Android, Augmented Reality, Waerebo, Promosi Wisata, 3 Dimensi

Abstract

Penerapan Augmented Reality (AR) sebagai media promosi wisata telah menjadi suatu pendekatan inovatif yang bertujuan meningkatkan daya tarik dan interaktivitas dalam mengenalkan destinasi wisata tertentu. Penelitian ini mengusulkan penerapan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi wisata Waerebo, sebuah destinasi wisata yang kaya akan tradisi dan keindahan alam di Manggarai. Melalui penggunaan AR, pengunjung dapat mengalami pengenalan yang lebih mendalam terhadap keunikan dan keindahan Waerebo melalui informasi visual 3D dan video animasi yang disajikan secara interaktif. Metode penelitian ini mencakup analisis kebutuhan promosi wisata, penerapan AR dan implementasi teknologi AR dalam aplikasi android. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas promosi wisata, menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi pengunjung. Dengan penerapan AR sebagai media promosi, diharapkan destinasi wisata ini dapat semakin dikenal secara luas dan tetap mempertahankan keasliannya dalam menarik minat wisatawan.

 

The application of Augmented Reality (AR) as a tourism promotion media has become an innovative approach that aims to increase attractiveness and interactivity in introducing certain tourism destinations. This research proposes the application of Augmented Reality technology as a promotional medium for Waerebo tourism, a tourist destination rich in tradition and natural beauty in Manggarai. Through the use of AR, visitors can experience a deeper introduction to the uniqueness and beauty of Waerebo through 3D visual information and animated videos presented interactively. This research method includes analysis of tourism promotion needs, application of AR and implementation of AR technology in Android applications. It is hoped that the results of this research can contribute to increasing the effectiveness of tourism promotions, creating a more interesting experience for visitors. By implementing AR as a promotional media, it is hoped that this tourist destination can become more widely known and still maintain its authenticity in attracting tourism interest.

References

E. Mulyana and A. Saepudin, “Perkembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh,” Jurnal Teknodik vol. 18, no. 10, pp. 119–134, Apr. 2019.

M.I. Afdal and F. Yanto, “Penerapan Teknologi Augmanted Reality Pada Media Pembelajaran Lapisan Permukaan Bumi Berbasis 3d,” Jurnal Sistem- Informasi. vol. 4, no. 1, pp. 1-10, Feb. 2018.

A.S. Wimatra, R. Khair, and A. Santosa, “Aplikasi Augmanted Reality (AR) Sebagai Media Edukasi Pengenalan Bentuk Dan Bagian Pesawat Berbasis Android,” Jurnal Teknologi-informasi, vol. 3, no. 2, pp. 212-221, Des. 2019.

N. Rismayani and N.S. Layuk, “Implementation of Augmented Reality Technology for the Mobile-Based Introduction of Toraja Traditional Clothes,” Jurnal kominfo vol. 4, no. 2, pp. 155-168. Oct. 2019.

D.E. Kurniawan, S. Sanora and K. Fatmawati, “Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Virtual Museum Airlangga Kota Kediri,” Jurnal Simetris. Vol. 1, no. 1, pp. 273-278, Feb. 2022.

A.F. Dewi and Ikbal, “Perancangan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Promosi Objek Wisata Berbasis Android,” Jurnal Informatika- Teknologi, vol. 1, no. 5, pp.179–186, jan. 2022.

M.T.J. Dwiputri, “Analisa Sense of Place Kampung Wae Rebo untuk Pengembangan Wisata di Manggarai,” Jurnal Aksen. vol. 5, no. 2, pp. 5–19, Apr. 2021.

S.S. Rabbani, A. Bachtiar and R.S. Wijaya, “Optimalisasi Pengembangan Pariwisata dan Potensi Ekonomi Lokal di Kampong Waerebo Nusa Tenggara Timur,” Jurnal Syntax-Admiration vol. 2, no. 9, pp. 1753–1774, Sep. 2021.

R. Permana, H. Andrianof and R. Afira, “Augmented Reality (AR) Sarana Promosi Obyek Pariwisata Jam Gadang Bukittinggi dan Pantai Wisata Carocok Pesisir Selatan,” Jurnal Ijcs. Vol. 2, no. 7, pp. 129-142, Sep. 2018.

M. Manarni, E. Prasetyaningrum and C. Hermawan, “Pengembangan Wisata Alam, Sejarah dan Budaya Kalimantan Tengah Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality,” Jurnal IkraIth-Teknologi, vol. 4, no.3, pp. 40-48, Nov. 2020.

N. Natalia and S.L. Handi, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Objek Wisata Serajah Kota Sukabumi Menggunakan Metode Marker dan Markerless,” Jurnal Riset Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 123-137, Oct. 2021.

N.P.S. Bahiyah and M. Imam, “Aplikasi Pengenalan Produk Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode Marker,” Jurnal Sistem-Cerdas, vol. 2, no. 3, pp. 184–191, Des. 2020.

A.D. Maria and I. Meviana, “Objek Wisata Wae Rebo Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat di Desa Satar Lenda Kecamatan Satar Mese Barat Kabupaten Manggarai Tengah,” Jurnal Sistem-Informasi. Vol. 5, no. 3, pp. 577-581, Des. 2019.

A. Nugroho and B.A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmanted Reality Bberbasis Vuforia dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung Museum Universitas Semarang,” Jurnal Transformatika, vol. 8, no. 3, pp. 208-215, Jan. 2017.

I. Yuliani, “Pemanfaatan Augmanted Reality untuk menunjang promosi produk unggulan dan obyek wisata Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul,” Jurnal Senatik. Vol. 8, no. 2, pp. 1-68, Des. 2020.

Downloads

Published

25-12-2023

How to Cite

Alfayet, E. (2023). PENERAPAN AUGMANTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA WAEREBO. HOAQ (High Education of Organization Archive Quality) : Jurnal Teknologi Informasi, 14(2), 48–58. https://doi.org/10.52972/hoaq.vol14no2.p48-58