Game Edukasi "Global Warming" Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Kelas VI Sekolah Dasar
Keywords:
Global Warming, Sampah, Game EdukasiAbstract
Pemanasan Global atau global warming merupakan salah satu masalah terbesar yang sedang dihadapi hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat dalam segala aspek kehidupan, diantaranya yaitu dunia Pendidikan. Sekolah Dasar Masehi Kambaniru 1 merupakan salah satu sekolah dasar yang dalam menjalankan proses belajar mengajar menemukan kendala saat penyampaian materi oleh guru kepada siswa kurang menarik, sehingga materi yang disampaikan tidak diserap dengan baik oleh siswa. Masalah berikutnya yang juga ditemukan di sekolah ini yaitu masalah sampah. Pihak sekolah selalu mengingatkan siswa secara lisan maupun tulisan untuk selalu membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pihak sekolah, akan tetapi masih ada siswa yang membuang sampah sembarangan. Oleh sebab itu, penulis memberikan alternatif untuk membantu pihak sekolah untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah maupun pengenalan tentang global warming dengan pemanfaatan media pembelajaran dalam bentuk game edukasi. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan metode penelitian yang digunakan yaitu tahapan pengembangan sistem, dengan membuat prototype dan model System Development Life Cycle (SDLC). Sedangkan tahap pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Penelitian ini menghasilkan aplikasi game edukasi yang dapat digunakan oleh pihak SD Masehi Kambaniru 1.
References
H. Almuafiry, E. Jurusan, T. Informatika, T. Adhi, and T. Surabaya, “Game Edukasi Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan DGBL-ID Model,” Integer J., vol. 2, no. 1, pp. 10–20, 2017.
D. Cahyono and A. S. Karina, “Desain game edukasi sadar lingkungan berbasis android,” vol. 2, pp. 23–32, 2022, [Online]. Available: http://riset.unisma.ac.id/index.php/INFOTRON/article/view/15508.
Haryati, “Katalog Dalam Terbitan Prosiding Seminar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Meningkatkan Nilai Tambah Pelayanan Publik Guna Mewujudkan Editor Haryati Penata Letak & Desain Cover One Indraretnani,” Balai Pengkaj. dan Pengemb. Komun. dan Inform. Bandung Badan Litbang SDM Kementeri. Komun. dan Inform. RIPengembangan Komun. dan Inform. Bandung Badan Litbang SDM Kementeri. Komun. dan Inform. RI, no. 1, 2012.
S. Permatasari, M. Asikin, and N. R. Dewi, “Potensi Game Edukasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., vol. 3, no. 1, pp. 853–860, 2020.
A. Autis et al., “IRJE?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN,” vol. 2, no. 3, pp. 1029–1039, 2022.
S. Afrianti and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang,” J. Inform. Upgris, vol. 6, no. 2, pp. 2–7, 2021, doi: 10.26877/jiu.v6i2.6471.
M. Zakir and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Berbasis Android Di Smk Elektronika Indonesia Bukittinggi,” J. Edukasi Elektro, vol. 4, no. 2, pp. 153–157, 2020, doi: 10.21831/jee.v4i2.35371.
V. No, I. F. Anshori, S. A. Kaffah, N. Supa, and R. Setiawan, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Pemrograman Menggunakan Construct 2 Pemrograman komputer untuk anak-anak akhir – akhir ini telah menjadi semakin populer .,” vol. 5, no. 2, pp. 275–286, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional & Konferensi Ilmiah Sistem Informasi, Informatika & Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.